Manfaat Jambu Mete

Jambu mete ( Anacardium occidentale L. ) merupakan tanaman buah berupa pohon yang berasal dari Brasil Tenggara. Tanaman ini dibawa oleh pelaut Portugis ke India 425 tahun yang lalu, kemudian menyebar ke daerah tropis dan subtropis lainnya seperti Bahana, Senegal, Kenya, Madagaskar, Mozambik, Srilangka, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Indonesia.

Jambu mete tersebar di seluruh Nusantara dengan nama berbeda-beda (di Sumatera Barat: jambu erang/jambu monye, di Lampung dijuluki gayu, di daerah Jawa Barat dijuluki jambu mede, di Jawa Tengah dan Jawa Timur diberi nama jambu monyet, di Bali jambu jipang atau jambu dwipa, dan di Sulawesi Utara disebut buah yaki.
Jambu mete mempunyai puluhan varietas, di antaranya ada yang berkulit putih, merah, merah muda, kuning, hijau kekuningan dan hijau.



Tanaman jambu mete merupakan komoditi ekspor yang banyak manfaatnya, mulai dari akar, batang, daun, dan buahnya. Selain itu juga biji mete (kacang mete) dapat digoreng untuk makanan bergizi tinggi. Buah mete semu dapat diolah menjadi beberapa bentuk olahan seperti sari buah mete, anggur mete, manisan kering, selai mete, buah kalengan, dan jem jambu mete.

Kulit batang pohon jambu mete berkhasiat sebagai obat kumur atau obat sariawan. Akar jambu mete berkhasiat sebagai pencuci perut. Daun Jambu mete yang masih muda dimanfaatkan sebagai lalap, terutama di daerah Jawa Barat. Daun yang tua dapat digunakan untuk obat luka bakar.

Ditulis Oleh : admin ~Apotik Online

bangfad Semoga artikel yang kami tulis dengan judul: Manfaat Jambu Mete dapat memberikan manfaat kepada para pembaca sekalian, sehingga blog ini dapat memberikan informasi yang lebih bermanfaat lagi dikemudian hari. Salam Apotik Online Silakan untuk menyalin dan membagikan artikel ini (Manfaat Jambu Mete) dengan tetap mencantumkan http://apotik-online.blogspot.com/2008/12/manfaat-jambu-mete.html sebagai sumbernya. terima kasih

Blog, Updated at: Senin, Desember 08, 2008

0 komentar:

Poskan Komentar